Ayam Bangkok Anda Bubulan? Begini Cara Mengobatinya

Sabunglive.net – Penyakit bubulan pada ayam bangkok sering kita jumpai. Bubul pada telapak kaki ayam ini disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri akibat pengaruh kandang yang tidak bersih. Selain itu penyebab lainnya adalah bekas luka karena terkena benda tajam sehingga luka tersebut menjadi parah dan berujung bubulan. Jadi dalam kasus ini kebersihan kandang adalah faktor utama yang menyebabkan ayam bangkok kita terkenal penyakit bubulan ini.

Jika penyakit bubul ini tidak ditangani dengan baik, ayam akan mengalami pincang serta sulit untuk berdiri. Dan jika sudah terlalu parah tentunya ayam bangkok kita ini tidak bisa kita turunkan ke gelanggang untuk bertarung. Jadi jika sudah menemui gejala dari penyakit ini, kita harus sesegera mungkin untuk melakukan pengobatan dan perawatan maksimal agar ayam aduan kita tersebut kembali sehat dan bugar.

Cara Mengobati Ayam Bangkok Bubulan

Untuk mengobati bubulan ini dapat dilakukan dengan dua cara yakni dengan obat tradisional dan juga obat apotik. Disini kami selaku agen sabung ayam akan mencoba memberikan resep tradisional serta pengobatan menggunakan obat pabrikan yang bisa dibeli di toko unggas. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan kami berikut ini.

Obat Bubul Tradisional

Untuk penyakit bubulan yang belum terlalu parah, biasanya pengobatan dapat dilakukan dalam beberapa hari saja. Untuk obat bubul tradisional ini bisa menggunakan jahe yang ditumbuk dan ditempelkan pada telapak kaki menggunakan plaster hansaplast. Namun sebelum ditempelkan, bersihkan kaki ayam dengan air hangat atau dengan menggunakan alkohol. Biasanya penyakit bubulan yang belum terlalu parah akan sembuh dengan cepat menggunakan cara ini.

Obat Bubul Ayam Di Apotik

Untuk pengobatan menggunakan obat pabrikan atau obat apotik bisa menggunakan obat seperti Collomac, Callussol dan lain sebagainya. Untuk penggunaan Collomac ini yakni dengan membersihkan bubulan menggunakan alkohol kemudian oleskan Colomac tersebut. Setelah itu bungkus kaki ayam menggunakan hansaplast selama 3 hari dan kemudian ulangi cara ini seterusnya. Untuk Callussol caranya yakni kaki yang bubulan dicuci air hangat dan setelah kering oleskan calussol. Tutup dengan menggunakan hansaplast. Semakin sering dioles calussol, bubulnya akan semakin cepat lepas.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan Koyo Cabe. Gunakan Koyo Cabe untuk menutupi luka bubul pada kaki ayam. Koyo tersebut diganti setiap 3 kali sehari dan selama 2 kali penggantian, biasanya bubul ayam sudah mulai kering dan membaik. Anda bisa mencoba cara sederhana ini, Koyo Cabe relatif lebih mudah didapat dibandingkan dengan obat bubulan pada ayam lainnya.

Selain cara diatas sekarang juga tersedia plester bubul ayam yang tersedia di toko unggas. Cara menggunakannya tergolong mudah, bersihkan bagian kaki ayam yang terkena bubul, tempelkan plester pada kaki yang terkena bubul tepat pada bubul ayam, biarkan 3-4 hari, buka plester dan bubul akan mengelupas. Untuk menjaga agar ayam tidak terjangkit lagi, bersihkanlah kandang secara rutin dan teratur serta menjaga agar lantai kandang tetap kering dan bersih.

Sebenarnya banyak cara untuk mengobati penyakit bubul ini. Apalagi pada saat ini sangat banyak toko unggas dan apotik yang menyediakan berbagai jenis obat obatan untuk ayam ini. Namun yang terpenting sebelum terkena penyakit ini adalah upaya pencegahan. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya yakni kondisi kandang yang tidak terawat adalah faktor utama yang menyebabkan penyakit pada ayam bangkok kita ini.

Untuk informasi tambahan, kami selaku agen taruhan online menyediakan permainan sabung ayam online s128 dan Sv388. Bagi anda yang berminat silahkan kunjungi website kami yakni BetAyam303.com. Terima kasih.

, , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *