Ampuh, Berak Kapur Pada Ayam Bangkok Akan Sembuh Dengan Cara ini

Penyakit berak kapur atau berak putih pada ayam bangkok termasuk penyakit yang sering dijumpai oleh botoh ayam. Penyakit ini ditandai dengan fases atau berak yang berwarna putih seperti kapur. Penyakit ini juga dikenal dengan istilah Bacilary White Diarhrhea ini biasanya menyerang segala jenis unggas seperti ayam, angsa dan juga kalkun. Penyakit ini tergolong penyakit yang berbahaya karena berdasarkan fakta dilapangan, berak kapur ini dapat mengakibat kematian. Bahkan untuk anak ayam yang masih berusia dibawah 10 hari dapat mengakibatkan kematian hingga 80%.

Bagi kita pemilik ayam tentunya ini akan menjadi hal yang menakutkan. Apalagi jika ayam bangkok yang kita rawat dan pelihara dengan baik tiba tiba terserang penyakit yang berbahaya ini. Rasa tajut serta was was pastinya akan menghantui kita. Namun jika sudah menemui gejala seperti ini sebaiknya ayam yang terjangkit ini dipisahkan dengan ayam aduan lainnya agar tidak menyebar dan tidak menimbulkan korban baru lagi.

Baca juga : Obat Bubul Ayam Bangkok

Penyebab Serta Cara Mengobati Berak Kapur

Apakah penyakit berak kapur ini?

Ini adalah pertanyaan yang sangat penting. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh bakteri Samonella Pullorum dan bakteri Gram yang dapat bertahan hidup lebih dari satu tahun di dalam tanah. Wah, pastinya ini akan sangat berbahaya jika tidak diatasi dengan benar. Untuk itu perlu dilakukan pencegahan secara tepat agar tidak menyerang ayam kita nantinya. Cara pencegahan ini dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihan kandang,  peralatan serta membersihkan sisa makanan dalam kandang.

Pembersihan sebaiknya menggunakan antiseptik untuk membantu mengurangi bakteri atau jamur yang menempel di dalam kandang. Selain itu, dengan memberi pakan yang bergizi, dan melakukan penyuntikan antibiotik dengan baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh ayam dari serangan berbagai macam penyakit, khususnya berak kapur ini.

Apakah obat ampuh untuk mengobati penyakit ini?

Nah inilah pertanyaan inti untuk mengatasi masalah ini. Untuk pengobatan ini dapat memberikan bawang putih pada ayam yang terserang penyakit ini. Untuk pemberiannya sendiri terbilang mudah, cukup siapkan bawang putih secukupnya lalu diiris kecil-kecil kemudian diberikan pada ayam yang terkena penyakit ini pada waktu pagi dan sore hari atau tergantung seberapa parah penyakit tersebut.

Selain untuk obat, bawang putih juga bisa digunakan sebagai pencegah, jadi untuk mengantisipasi ayam kalian terserang penyakit bisa diberikan bawang putih ini. Namun jika penyakit ini sudah tergolong parah, lakukan pengobatan cepat dengan menyuntikan antibiotik seperti coccilin, neo terramycin, tetra atau mycomas sesuai dengan dosis. Penyuntikan ini dapat dilakukan dibagian dada atau bagian sayap.

Akan tetapi jika sudah terlalu kritis, sebaiknya ayam tersebut dimusnahkan dengan cara dibakar. Hal ini bertujuan agar bakteri tidak menyebar dan kembali menyerang ayam bangkok kita nantinya. Setelah itu lakukan pembersihan kandang secara total serta memberikan antiseptik dengan cara menyemprotkan pada seluruh bagian kandang. Sebisa mingkin ganti peralatan yang sudah digunakan sebelumnya seperti tempat makan dan tempat minum.

Demikianlah artikel saya kali ini yang membahas tentang penyakit berak kapur pada ayam bangkok. Semoga kita dapat mengambil hal hal penting sehingga dapat kita manfaatkan dalam memelihara ayam aduan kita. Sebagai informasi tambahan, disini kami menyediakan permainan taruhan sabung ayam pisau dari Filipina secara online. Tersedia dua produk terbaik kami yakni S128 dan Sv388 yang bisa anda ikuti dengan bergabung bersama BetAyam303.com. Salam Satu Hobi 😀

, , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *